Rabu, 04 Januari 2012

Pengelolaan web Sebagai Media Bisnis Online

Pada materi sebelumnya telah dijelaskan bahwa pemasaran secara online atau internet marketing sebenarnya merupakan sarana pemasaran yang cepat, murah dan mudah. Tidak hanya merupakan sarana yang efektif dan efisien, bisnis online merupakan bentuk baru mengembangkan omzet penjualan atau jasa yang kita tawarkan seiring dengan pesatnya pengguna internet sekarang.

Jika pemasaran secara konvensional harus menyediakan tempat pamer/products display atau workshop yang tentu saja membutuhkan tempat dan biaya yang lebih besar, pemasaran secara online hanya cukup menggunakan media web sebagai workshop/ruang pamer untuk contoh barang yang akan ditawarkan. Ada beberapa macam jenis web yang bisa digunakan, mulai yang gratisan hingga yang berbayar.

Jika memilih menggunakan yang berbayar, kita harus membeli web hosting
ataupun domain. Beberapa web hosting menawarkan harga yang relatif murah untuk berlangganan selama 1 tahun, dan biasanya bisa diperpanjang. Harga ini berdasarkan fasilitas yang ditawarkan misalnya besarnya memori, kecepatan akses dan kapasitas server. Makin besar space, access speed dan server yang ditawarkan, makin mahal pula harga yang ditawarkan. Hal ini untuk mencegah server down yang biasa kita jumpai jika kita membuka suatu web tertentu ( istilahnya lemoooot). Sedangkan software untuk mengisi materi web, bisa menggunakan wordpress yang bisa diunduh secara gratis.

Kali ini kita akan membahas penggunaan web blogger yang disediakan secara gratisan oleh google. Pertama kita harus mempunyai akun google terlebih dahulu. Kemudian kita buat akun baru untuk blogger. Untuk pengisian materi, kita tinggal ketik saja pada tempat yang tersedia, seperti halnya kita menggunakan word. Untuk upload gambar atau foto terbaru, kita cukup copas saja dari file computer kita yang tersedia.

Penggunaan web blogger ini sangat mudah digunakan terutama bagi pemula, dan lagi kita bisa menggunakannya untuk media beriklan, karena biasanya google memberikan fasilitas kupon gratis lewat google web master tool untuk beriklan lewat google. Kita sering menjumpai jika kita membuka google sebagai mesin pencari, membuka gmail atau membuka akun youtube, kita bisa menjumpai iklan ini pada baris kanan atau pada video tertentu pada youtube. Beberapa orang yang menggunakan media social network seperti facebook, twitter, yahoo mesenger sebagai sarana beriklan, blogger bisa digunakan sebagai landing page untuk halaman awal atau bisa dialihkan ke web yang dituju lewat script edit HTML. Selamat mencoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar