Rabu, 11 Januari 2012

Keuntungan dan Kerugian E-commerce

Electronic commerce/ e-commerce/ e-comm/ atau perdagangan elektronik, sebenarnya merupakan salah satu alternatif perdagangan dalam dunia modern. Dalam perdagangan, tentu saja melibatkan penjual dan pembeli, hanya saja dalam mewujudkan transaksi menggunakan peralatan elektronik seperti komputer, atm, pemindah-bukuan/transfer atau peralatan elektronik lain yang menggunakan jaringan internet atau jaringan komputer.  Dalam perkembangannya, tidak hanya perdagangan yang menggunakan e-commerce atau bisnis online, tetapi juga jasa pengantaran paket, penjualan, pembelian, pengembangan pasar, serta penggunaan  transaksi pembayaran.

Berbeda halnya dengan transaksi jaman dulu, yang lebih mementingkan uang tunai sebagai bentuk pembayaran yang sah, serta penjual dan pembeli yang harus bertemu secara langsung, penggunaan e-commerce sebagai salah satu transaksi yang
legal pada saat sekarang, tidak memerlukan uang tunai sebagai tanda bukti transaksi. Penjual atau pembeli atau pengguna jasa, cukup memberikan copy bukti pembayaran yang sah, seperti copy bukti transaksi via atm, atau bukti transaksi dari e-banking.

Tentu saja, untuk dapat memperlancar proses e-commerce, diperlukan beberapa alat pendukung, seperti : memiliki rekening tabungan, transfer dana elektronik (electronic fund tansfer/eft), manajemen pendistribusian/pasokan (supply chain management), pemasaran lewat internet (internet marketing), pemroses transaksi online (online transaction processing), pengubah data elektronik (elektronic data interchange/edi), sistem manajemen ketersediaan/stock (inventory management system), sistem pengumpul data otomatis (automated data collection systems).

Berikut ini beberapa keuntungan perdagangan secara elektronik atau e-commerce sebagai salah satu inovasi terbaik di dunia dalam bidang ekonomi, yaitu :
  • Efektif dan efisien
Transaksi tidak memerlukan uang tunai serta kedua belah pihak tidak perlu bertemu secara langsung.
  • Menghemat waktu dan biaya.
Kedua belah pihak dapat segera menyelesaikan transaksi, tanpa perlu membuang waktu dan biaya untuk negosiasi atau perundingan harga.

  • Aman dari gangguan pencurian.
Penggunaan bukti transfer atau cetakan transaksi e-banking merupakan bukti transaksi pembayaran yang sah dan banyak sekali jaringan atm yang mudah dijumpai.

  • Pemasaran secara luas.
Penggunaan internet marketing sebagai salah satu metode pemasaran, mampu menjangkau daerah pasar yang luas, dengan biaya yang relatifmurah.

Walaupun e-commerce atau perdagangan secara elektronik memiliki banyak keuntungan, namun terkadang e-commerce memiliki beberapa kerugian, seperti :

  • Transaksi ganda.
Terkadang jaringan atm atau internet banking mengalami gangguan, sehingga transaksi yang terjadi seringkali gagal diproses, walaupun saldo sudah berkurang. Diperlukan waktu lebih lama untuk mengklarifikasikan transaksi yang telah terjadi pada pihak bank.

  • Barang tidak sesuai dengan contoh.
Seringkali ditemui transaksi yang terjadi, tidak sesuai dengan kondisi yang sebenarnya di lapangan.

  • Alamat tidak sesuai.
Terkadang penawaran yang terlalu murah sangatlah memikat, namun alamat penyedia layanan tidak sesuai atau fiktif, sehngga rawan penipuan.

  • Belajar lagi.
Penggunaan internet marketing sebagai media pemasaran, memerlukan web hosting dan web domain untuk menawarkan barang/jasa. Belum lagi beberapa metode yang harus dipelajari agar world wide web yang berisi barang/jasa penyedia dikenal masyarakat.

Apapun keuntungan dan kerugian e-commerce, sebenarya sistem penjualan secara elektronik, memberikan pengaruh yang besar dalam perkembangan ekonomi dunia sekarang ini. Selamat mencoba...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar