Selasa, 03 Januari 2012

Mengembangkan bisnis dengan media internet

Bisnis rumahan yang biasanya dijalankan dari rumah tangga, sebenarnya memiliki potensi besar untuk dikembangkan, asal tahu cara memasarkan dan memperbesar omzet penjualannya. Sebenarnya menurut beberapa pakar ataupun ahli yang sudah berpengalaman dalam menjalankan suatu bisnis skala kecil, pengembangan bisnis terbesar dengan cara paling mudah adalah menggunakan sistem jaringan yang mudah dikontrol, aman dan memiliki rasio modal yang rendah. Artinya titik BEP(break even point/titik pengembalian modal) bisa dicapai dalam waktu yang singkat.

Analoginya begini, semakin besar jaringan-jaringan kecil yang dibentuk, artinya semakin besar pangsa pasar yang bisa diraih yang pada akhirnya akan mampu meningkatkan
omzet penjualan. Namun jangan hanya fokus pada pengembangan jaringan, pengenalan produk yang akan ditawarkan pada masyarakat hendaknya juga dikenalkan secara luas. Semakin ekonomis harga yang ditawarkan oleh produk kita, semakin besar peluang untuk dikenal luas di masyarakat.

Cara paling efektif dalam memasarkan produk kita adalah beriklan menggunakan media massa atau social networking. Dengan makin pesatnya jumlah pengguna internet ataupun beberapa situs jejaring sosial, beriklan menggunakan media yang satu ini sangat menguntungkan. Pemasaran melalui internet atau lebih dikenal dengan internet marketing adalah suatu teknik pemasaran produk/jaringan menggunakan media internet untuk mengenalkan suatu produk atau mengembangkan jaringan yang sudah ada.

Bisnis online adalah suatu cara menjalankan transaksi perdagangan tanpa perlu bertemunya secara langsung antara penjual dan pembeli. Pengelolaan bisnis online ini sebenarnya menggunakan media internet untuk membantu kelancaran pemasaran suatu produk atau membangun sistem jaringan. Untuk itu diperlukan suatu tempat atau toko virtual sebagai sarana untuk menarik perhatian pengunjung atau calon pembeli, yaitu dengan menggunakan blogging atau web. Untuk detil lebih jelasnya dalam pembuatan toko virtual, akan dibahas pada materi berikutnya. Selamat mencoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar